Section ketiga di dalam tes IELTS adalah Writing Section yang dibagi menjadi 2 Task, yaitu Task 1 dan Task 2. Di Writing Task 1, peserta akan menjelaskan data dalam bentuk grafik atau gambar, baik yang berupa single data maupun combined data dan menulis setidaknya 150 kata. Sedangkan pada Writing Task 2, peserta akan menulis sebuah argumentative writing dimana sebuah topik akan diberikan dan peserta akan diminta menulis essay sebanyak 250 kata.
Writing Task 1Ada setidaknya 4 poin penting yang harus dicover oleh tulisan anda di IELTS Writing Task 1, yaitu:
1. Overview (memberikan gambaran umum grafik atau gambar)
2. Explaining all existing variables (menjelaskan variabel yang ada)
3.Explaining the major trend or features (menjelaskan data berdasarkan tren)
4. Giving detailed explanation (menjelaskan data secara mendetail)
Catatan
Perlu diingat bahwa di Writing Task 1, tulisan anda harus sangat
objektif dan tidak boleh ada informasi yang berasa dari luar data atau
informasi yang sama sekali tidak berkaitan dengan data yang ada.
Pada poin 1-3 Writing Task 1, anda hanya menjelaskan data yang ada
secara umum tanpa memberikan keterangan spesifik seperti angka, presentase,
naik turunnya sebuah variabel, dan sebagainya. Yang harus anda berikan adalah
gambaran umum dari data yang ada
Keterangan yang bersifat mendetail akan anda berikan di poin ke empat
Langkah-langkah Mengerjakan IELTS
Writing Task 1
Mari
kita ambil contoh dari Bar Graph berikut
1. Buat
lah sebuah overview dengan memperkenalkan grafik atau gambar dan memparafrasa
judul asli grafik atau gambar tersebut
Dari
grafik diatas misalnya, kita harus memperkenalkannya terlebih dahulu dengan
menulis:
The
bar graph shows / presents / indicates /
depicts / explains / illustrates, dst. Ingat bahwa semua kata bercetak
tebal memiliki arti yang sama yakni “menyajikan”. Ini adalah langkah paraphrase
untuk membuat kosakata anda lebih beragam dan dengan demikian mendapat skor
tertinggi untuk task list “vocabulary range”. Jika anda sudah menggunakan kata
“shows” pada paragraf pertama, jangan gunakan kata yang sama pada paragraf
kedua, namun ganti lah dengan kata lain yang memiliki arti yang sama.
Setelah
memperkenalkan grafik atau gambar, anda harus memparafrasa judul asli “Different
types of transportation chosen to go to work and return from work in one
European city” dengan cara:
a. Mengganti
setiap kata dengan kata lain yang artinya sama atau mendekati
b. Mengganti
struktur grammar yang ada
Contoh:
Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of
Europe
Jika
anda merasa kesulitan mem-paraphrase judul tersebut sekaligus, anda bisa
melakukannya kata per kata atau frasa per frasa dengan membuat sebuah
paraphrase inventory:
Kata
dari Judul Asli
|
Paraphrase
|
Different
|
Various, several
|
Type
|
Modes, means, methods
|
Transportation
|
Vehicle, transport
|
Chosen
|
Used, taken
|
To go to and return from, to commute to
and from work
|
To travel and from work
|
In one European City
|
In a City of Europe
|
Selain
dengan mengganti kata, anda juga bisa merubah susunan dari kalimat judul
tersebut, misalnya:
§ Mengganti
frasa to infinitive dengan frasa gerund (a)
§ Mengganti
Noun phrase (frasa benda) dari yang
sebelumnya berupa Adj+N (European City, Beautiful girl) menjadi Noun of Noun (b) (City of Europe, Girl
of beauty).
Various
types of vehicle chosen to go to and
return (a) from work in a European
City (b)
Various
types of vehicle chosen for travelling
to and returning (a) from work in a City
of Europe (b)
§ Merubah
sebuah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
Various
types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe is described by the bar graph
§ Merubah
kalimat pasif menjadi aktif
Sekilas Grammar
Kalimat
pasif (passive voice) adalah kebalikan dari kalimat aktif (active voice).
Kalimat aktif memberikan penekanan terhadap Subjek kalimat sehingga kalimat
pasif menekankan pada Objek dalam sebuah kalimat. Perhatikan contoh berikut:
(a)
Active
Voice
Contoh:
Andy takes the book from the shelve (active voice)
Susunan
dari kalimat aktif biasanya diawali dengan Subjek dan Verb. Susunan dari contoh
kalimat diatas adalah S+V+ Noun Phrase (as an Object) + Prepositional Phrase
Andy
(S) takes (V) the book (O) from the shelve (Prepositional Phrase)
Perhatikan
bahwa Subjek pada kalimat aktif selalu berada di awal kalimat!
(b)
Passive
Voice
Contoh:
The book is taken by Andy from the library
Jika
anda perhatikan, objek yang sebelumnya ada di tengah kalimat sekarang berpindah
ke depan, karena kalimat pasif memang memberikan di objek. Susunan kalimat yang
umum digunakan untuk passive voice sendiri adalah O + to be + Past Participle
(V3) + [by + S], dimana by dan S sebenarnya dapat dihilangkan sehingga menjadi
The book is taken from the library (tanpa by Andy). Susunan kalimat diatas
dapat dijabarkan sebagai berikut:
The
book (O) is (to be) taken (V3) by (by) Andy (S) from the library (Prepositional
Phrase), atau The book (O) is (to be) taken (V3) from the library
(Prepositional Phrase)
The
book (O) is (to be) taken (V3) from the library (Prepositional Phrase)
Pada contoh grafik diatas maka kalimat aktif pasif menjadi:
The
bar graph describes various types of vehicle chosen to go to
and return from work in a City of Europe (active)
Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe are described by the bar graph (passive)
Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe are described by the bar graph (passive)
2. Jelaskanlah
semua variabel yang ada di grafik atau gambar
Dari
contoh bar graph diatas, dapat disimpulkan bahwa ada tiga variabel yang harus
dijelaskan yaitu types of transport,
year, dan percentage of users, maka:
There
are four means of transport
presented in the graph which are bus, car,
subway, and train along with the percentage
of their users in 1960, 1980, and
2000.
Catatan:
Perlu diingat bahwa penggunaan kata yang sama akan mengurangi skor anda. Itu
lah alasan mengapa kata “describe” yang ada di judul diganti menjadi “present”
di poin kedua, kata “types” dirubah menjadi “means” dan kata commuters diganti
menjadi “users”
3. Jelaskan
main trend atau main features di grafik atau gambar
Main
trend atau features dapat diartikan sebagai ciri atau perubaan yang paling
menarik dari suatu grafik atau gambar. Main trend dapat dijelaskan dengan
sangat umum dan bertujuan untuk membagi data yang ada menjadi dua cluster
besar. Hal ini bertujuan untuk membuat tulisan menjadi well-structured dan
mempermudah anda menjelaskan data yang ada dengan lebih spesifik.
Contoh:
Dari
grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa data yang ada dapat dibagi menjadi dua
kelompok besar yaitu data yang bersifat constant dan data yang bersifat
fluktuatif, maka:
Bus
and car percentages were constant in which the passengers of bus constantly
decreased while car users constantly increased. The percentage of people using
train and subway were both fluctuating and experienced ups and downs.
4. Memberikan
informasi secara mendetail
Setelah
memberikan penjelasan tentang main trends atau main features, anda dapat
memberikan detailed explanation dengan menggunakan pembagian yang sudah
dilakukan di poin ketiga. Dari pembagian tersebut, anda dapat membuat dua
paragraf untuk menjelaskan poin ke-4 yang terdiri dari satu paragraf data yang
memiliki tren constant dan satu paragraf data dengan tren fluctuating. Dengan
demikian, paragraf kedua dari tulisan anda akan menjelaskan bus and car,
sementara paragraf ketiga akan menyajikan informasi mengenai train and subway. Ada
beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda mengerjakan poin ke-4 Writing
Task 1, yaitu:
a.
Starting
point
Yang
dimaksud dengan starting point disini adalah titik awal sebuah data. Pada
contoh diatas, titik awal data berada tahun 1960. Berikut contoh penulisan
informasi data berdasarkan starting pointnya:
The bus started from a higher point
of around 39% in 1960.
Catatan:
Jangan menuliskan tahun secara monoton, karena penggunaan kata atau struktur
kalimat yang berulang-ulang akan membuat skor anda menjadi sangat rendah,
meskipun anda telah mampu menjelaskan data dengan baik dan akurat.
Variasikanlah penggunaan keterangan tahun dengan memparafrasa, misal:
1960:
In the beginning of the period, in the first period, in 1960, in the year of
1960
1980:
In the second period, in the following year, 20 years later, in 1980, in the
year of 1980
2000:
At the end of the period, in the third period, 40 years later, in 2000, in the
year of 2000
Dsb.
b.
Increase
and Decrease
Dalam
sebuah grafik, seuatu data akan mengalami kenaikan dan penurunan, dan hal ini
harus dijelaskan dengan terperinci. Dari contoh diagram batang diatas, dapat
kita lihat bahwa presentase pengguna bis selalu berkurang dari tahun ke tahun,
sedangkan jumlah pengguna mobil terus bertambah. Untuk menjelaskan perubahan
jumlah pengguna masing-masing kendaraan, kita dapat merujuk pada:
·
Point pencapaian suatu data
Misalnya: Bis mencapai
titik terendah pada tahun 2000 dengan hanya memiliki 15% pada tahun 2000, sehingga
kita dapat memberikan keterangan: Bus finally reached the lowest point of
approximately 15% at the end of the period.
·
Selisih dari data pada satu tahun dan
tahun yang lainnya
Catatan
Ada beberapa yang dapat digunakan untuk memparafrasa kata
“increase” dan “decrease”
Increase: incline, level up, upgrade, experience a growth,
rise, jump, dst.
Decrease: decline, fall, go down, degrade, dst.
Stagnant: Level off, do not undergo any change, experience
little/no change dst.
Misalnya: Bis mengalami penurunan
presentase jumlah pengguna dari tahun 1980 ke tahun 2000 sebesar 12%, sehingga
kita dapat memberikan keterangan: The percentage of commuters taking bus
experienced 12% decrease from 1980 to 2000.
c.
Keterangan
mengenai increase dan decrease
Adakalanya
sebuah data mengalami perubahan yang drastis, atau mungkin hanya mengalami
sedikit perubahan. Hal ini juga penting dijelaskan di point ke-4 writing task
1. Berikut beberapa cara untuk menjelaskan perubahan sebuah
Jika perubahannya besar:
Significantly,
drastically, dramatically, strikingly, dsb.
Jika perubahannya kecil:
Slightly,
marginally, insignificantly, dst.
Catatan
Salah satu tantangn dalam mengerjakan Task 1 yang berisi
keterangan berupa angka adalah mencari padanan kata “sebanyak” dalam Bahasa
Inggris. Ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berarti sebanyak namun
jarang diketahui oleh test takers, diantaranya:
Represent, account for, comprise of, contribute, dst.
Kata ini sendiri digunakan untuk menjelaskan titik yang
dicapai suatu data, misal:
Bus kept degrading over years and reached the lowest point
in 2000 that accounts for 15% only.
ataupun selisih dari satu data dan data yang lain
The percentage of bus users experience a significant decline
comprising of 12% in the second
period
d.
Ending
Point
Ending
point menjelaskan titik terakhir yang dicapai oleh suatu data, dan biasanya
ditandai dengan penggunaan kata finally atau eventually. Misal, jika kita menjelaskan
data presentase pengguna bis dari tahun ke tahun:
The
bus started from a higher point of around 39% in 1960. The percentage of
commuters taking bus experienced 12% decrease from 1980 to 2000, and finally
reached the lowest percentage of around 15% at the end of the period.
Berikut
ini adalah contoh penulisan Task 1 secara lengkap:
Task 1 - Bar graph
The
bar graph indicates various types of transport used for commuting to and from work
in a city in Europe. There are four means of transport presented in the graph
which are bus, car, subway, and train along with the percentage of their users
in 1960, 1980, and 2000. Bus and car percentages were constant in which the
passengers of bus constantly decreased while car users constantly increased.
The percentage of people using train and subway were both fluctuating and
experienced ups and downs.
The percentage of car drivers started from the lowest point of all existing figure, comprising of 9% in the year of 1960. It experienced 14% growth in the following year and eventually reached its peak point of approximately 37% at the end of the period. Bus, however, had the opposite pattern in which it started from the highest point of approximately 48% and gradually degraded and ended up contributing only 15% at the end of the period.
The percentage of car drivers started from the lowest point of all existing figure, comprising of 9% in the year of 1960. It experienced 14% growth in the following year and eventually reached its peak point of approximately 37% at the end of the period. Bus, however, had the opposite pattern in which it started from the highest point of approximately 48% and gradually degraded and ended up contributing only 15% at the end of the period.
The percentage of commuters taking
train and tube underwent ups and downs and the change from year to year was
not very significant. Train started from less than 19% in 1960, and slightly increased
and almost reached 27% in 1980. However, the percentage downgraded again in
2000. Subway experienced 10% decrease but eventually climbed up and reached 26%
in the year of 1980. In summary, people’s preference in different modes of
transportation changed over year, whether it kept decreasing, increasing or
fluctuating.
Catatan
Dalam beberapa kasus, ada poin sebuah data yang terletak
ditengah-tengah suatu value sehingga kita tidak dapat memastikan nilainya.
Sebagai contoh, presentase bus di tahun 1960 berada diantara 30% dan 40% dan
cukup sulit menentukan nilai pastinya secara visual. Dalam hal ini, kita akan
memerlukan kata bantu untuk menjelaskan pendekatan. Ada beberapa kata yang
dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah pendekatan, diantaranya:
Of around, of about, estimated, approximately, dsb.
Catatan
Saat mengerjakan sebuah grafik
yang memiliki variabel tahun, kita harus berhati-hati dalam penggunaan tenses.
Pada contoh diagram batang diatas, semua Verb menggunakan Past Tense karena
grafik menyajikan data tahun 1960, 1980, dan 2000. Ada beberapa kemungkinan
penggunaan Tenses dalam writing task 1, diantaranya:
Past Tense: Jika grafik menyajikan data yang telah diambil di masa
lampau
Misal: Bus experienced a gradual decrease in the year of 1960, 1980, and 2000
Present Tense: Jika grafik menyajikan data yang diambil pada masa
sekarang atau data yang tidak memberikan keterangan tentang tahun/waktu
Misal: The percentage of the
users of public transport fluctuates
over years
Future Tense: Jika grafik menyajikan suatu data yang masih berupa
prediksi atau perkiraan, yang biasanya ditandai dengan kata predicted,
projected, estimated, atau penggunaan Verb Future Tense.
Misal: The number of people
having private vehicles is predicted
to reach its peak point in the year of 2020, atau
The consumption of fuel energy will undergo a significant increase due
to the rapid growth of private transportation.
For Exercise on Writing Task 1, please visit this link
Exercise on Task 1
For Material on IELTS Writing Task 2, please visit this link
Material on IELTS Writing Task 2
No comments:
Post a Comment