Pada beberapa postingan sebelumnya, sudah dijelaskan cara mengerjakan IELTS Writing Task 1. Meski demikian, ada beberapa penyempurnaan terhadap materi sebelumnya. Pada postingan kali ini, saya akan membahas kembali Writing Task 1 dan menjelaskan beberapa perbaikan yang telah saya lakukan pada template Writing Task 1 yang sebelumnya. Perhatikan contoh grafik di bawah ini!
Pertama-tama, mari kita lihat beberapa tahapan pengerjaan Writing Task 1 berikut ini.
1. Membuat Overview
Overview memberikan anda kesempatan untuk menjelaskan gambaran umum sebuah grafik. Ada dua hal yang harus kita lakukan untuk membuat sebuah Overview, yaitu:
a. Memperkenalkan Grafik
Misal anda akan menjelaskan sebuah diagram batang, maka: The bar graph shows/explains/describes/illustrates/indicates/presents...[b]. Jika anda perhatikan, kata show, explain, describe, illustrate, indicate dan present memiliki makna yang sama yakni: "menyajikan". Dalam pengerjaan IELTS Writing Task 1, anda harus menghindari penggunaan kata-kata tertentu secara berulang-ulang, sehingga parafrasa menjadi sangat penting.
b. Memparafrasa Judul Asli
Setelah memperkenalkan grafik, anda harus memparafrasa judul asli grafik. Misal judul asli grafik:
- Different types of transportation chosen to go to work and return from work in one European City
Maka anda dapat memparafrasa judul di atas menjadi:
- Various modes of transport used to go to and from work in a City of Europe
Setelah menggabungkan poin a dan b di atas, anda dapat menulis kalimat pertama anda, yang kira-kira akan menjadi seperti ini:
- The bar graph shows various modes of transport used to go to and from work in a City of Europe.
2. Menjelaskan Main Feature
Main Feature mencakup penjelasan yang harus ada di tulisan anda. Pada contoh grafik di atas, Main Feature dapat anda temukan di sumbu x (abscissa) yang menjelaskan jenis transportasi, sumbu y (ordinate) yang menjelaskan prosentase pengguna serta informasi yang berada di luar diagram kartesius (tahun). Ada tiga Main Features yang harus anda jelaskan, dan dapat ditulis sebagai berikut:
- There are four methods of transport presented in the graph, which include bus, car, train and subway. The graph also explains the proportion of the users in the year of 1960, 1980 and 2000.
Catatan
Perhatikan bagaimana kata-kata yang sudah digunakan pada kalimat sebelumnya diparafrasa dengan tujuan untuk menghindari penggunaan kata tertentu secara berulang-ulang.
- Kata transportation diparafrasa menjadi modes of transport, lalu diparafrasa lagi menjadi methods of transport
- Kata show diparafrasa menjadi present dan explain
- Kata percentage of commuters yang ada di grafik diparafrasa menjadi the proportion of users
Catatan
Perhatikan bahwa variabel tahun
akan menjadi sangat penting pada grafik ini, karena ia akan menentukan jenis
Verb yang akan ada gunakan di IELTS Writing Task 1 anda. Karena tahun
menunjukkan 1960, 1980 dan 2000, anda harus menggunakan Past Tense. Jika tidak
terdapat keterangan tahun, biasanya anda akan menggunakan Simple Present Tense,
sedangkan jika data menunjukkan sesuatu yang terjadi di masa depan, maka anda
harus menggunakan Future Tense. Misal:
- The population in China will always increase over years, atau...
- Population in China is predicted to increase over years, atau...
- It is estimated that the population in China will increase over years, atau...
- Population in China is projected to increase over years.
3. Menjelaskan Main Trend
Main Trend akan membantu anda menyusun ide pada body paragraph 1 dan 2 secara lebih runtut dan logis. Ada banyak trend yang mungkin anda temukan dalam sebuah grafik, seperti increase/decrease, upward/downward trend, constant/fluctuating, dan lain sebagainya. Untuk bar graph di atas, anda akan menggunakan Main Trend Constant dan Fluctuating. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
Pada paragraph 1, anda perlu menjelaskan terlebih dahulu pembagian paragraf berdasarkan trend ini, misal:
- The data indicates that the proportion of people who use cars experienced a constant growth, while the number of bus passengers witnessed a gradual decrease. The percentage of people taking train and subway are fluctuating
Catatan
Perhatikan bahwa saya juga memparafrasa penggunaan kata users dan percentage, dengan menggantinya dengan:
- Percentage: Proportion/number
- Users: Commuters/People who use/People using/People who take/People taking/People who choose/People choosing/passengers/People who commute using/People who commute by using/People commuting by
Ketika nanti anda mengerjakan body paragraph 1 dan 2, anda dapat menyusunnya sebagai berikut:
- Paragraph 2: Car and Bus (constant trend)
- Paragraph 3: Train and Subway (fluctuating trend)
4. Menulis Body Paragraph 1 dan Body Paragraph 2
a. Starting Point
In 1960, bus had the highest number of commuters, making up around 39%. The number witnessed a gradual decline and by the end of the period, shrinked to around 15% only. Car indicates different trend. At the beginning of the period, the proportion of car users was just a little below 5%. It witnessed a sudden leap forty years later, and reached its peak point of an estimated 38%.
Ada dua poin penting yang harus kita perhatikan disini. Pertama, kita harus menghindari penjelasan mengenai tahun yang bersifat monoton, karena hal ini dapat mengurangi poin Writing kita secara signifikan. Untuk setiap tahun yang muncul pada penjelasan grafik di atas, anda dapat memparafrasanya seperti berikut:
- 1960: at the beginning of the period, in the first period, in the year of 1960
- 1980: in the second period, twenty years later atau two decades later (relatif terhadap 1960), in the year of 1980
- 2000: at the end of the period, in the last period, forty years later atau four decades later (relatif terhadap 1960), in the year of 2000
Kedua, kita perlu memperhatikan penggunaan Exact Number dan Approximation saat menjelaskan angka. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Pada bar a dan b, poin yang dicapai tepat berada pada angka 5 dan 10, sehingga anda tidak akan kesulitan menjelaskannya. Sedangkan pada bar c, poin yang dicapai berada diantara angka 5 dan 10, yang berarti anda harus menggunakan pendekatan.
Untuk menjelaskan poin yang tepat berada pada angka tertentu, anda dapat menggunakan kata-kata berikut:
- account for, comprise, represent, make up, contribute, dan lain sebagainya
Untuk menjelaskan poin yang berada pada dua angka tertentu, anda dapat menggunakan kata-kata berikut:
- (of) around, (of) about, (of) approximately, of an estimated, dan lain sebagainya
Agar penjelasan anda tidak monoton, anda juga bisa menggunakan frasa a little above atau a little below. Jika poin yang dicapai suatu data memiliki satuan 1, anda bisa menggunakan frasa a little above, misal:
The proportion of individuals who took train in the year 2000 was a little above 20% (pada grafik tertulis bahwa presentase pengguna kereta pada tahun 2000 adalah 21%).
Jika poin yang dicapai suatu data memiliki satuan 9, anda dapat menggunakan frasa a little below, misal:
The number of people who used car in the first period was just a little below 10% (pada grafik tertulis bahwa jumlah pengguna mobil pada tahun 1960 adalah 9%).
b. Menjelaskan Increase and Decrease
Selain penulisan tahun, anda juga harus memvariasikan penjelasan increase dan increase dalam tulisan anda. Ada empat cara untuk melakukan ini, diantaranya:
Point achieved
Kita dapat menjelaskan poin yang dicapai suatu data, misal kita menjelaskan jumlah pengguna bus pada tahun 1960-2000, anda dapat menuliskannya sebagai berikut:
In 1960, bus had the highest number of commuters, making up around 39%. The number witnessed a gradual decline and by the end of the period, shrinked to around 15% only
Perhatikan kata-kata dengan highlight abu-abu, dapat anda lihat bahwa yang digunakan disini adalah poin yang dicapai pada tahun 1960 (sekitar 39%) dan tahun 2000 (sekitar 15%).
Difference (selisih)
Anda juga dapat menjelaskan selisih poin sebuah data pada dua periode yang berbeda. Misal, kita menjelaskan penurunan pengguna bus seperti contoh sebelumnya, maka akan menjadi:
In 1960, bus had the highest number of commuters, making up around 39%. The number witnessed 24% decline forty years later
Perhatikan kata-kata dengan highlight abu-abu. Kali ini saya menjelaskan perubahan prosentase pengguna bus dengan berfokus pada selisihnya, bukan poin yang dicapai per tahun tersebut. Untuk menjelaskan selisih, anda dapat menggunakan Verb witness, experience atau undergo yang artinya "mengalami" (mengalami kenaikan atau penurunan)
Multiplication (Kelipatan)
Multiplication dapat anda gunakan ketika suatu data mengalami kenaikan. Mari kita gunakan data tentang jumlah pengguna mobil sebagai contoh.
At the beginning of the period, the proportion of car users was just a little below 10%. It witnessed a steady growth and by the year of 2000, the number almost quadrupled.
Perhatikan kata-kata dengan highlight abu-abu. Disini saya menggunakan kelipatan untuk menjelaskan kenaikan prosentase pengguna mobil.
Sekarang, cobalah mengingat-ingat uraian berikut ini!
Multiplied by
|
The Verb version
|
or simply put it like this
|
1
|
Single
|
-
|
2
|
Double
|
Two times higher
|
3
|
Triple
|
Three times higher
|
4
|
Quadruple
|
Four times higher
|
5
|
Quintuple
|
Five times higher
|
Fraction (Pecahan)
Cara terakhir untuk menjelaskan increase decrease adalah dengan menggunakan pecahan atau fraction. Misal presentase pengguna mobil pada tahun 1960 adalah 4% dan angka ini mengalami kenaikan sebesar 3% (menjadi 7%). Setengah dari 4% adalah 2% dan data di atas mengalami kenaikan lebih dari 2%. Jika saya menjelaskan data mengenai jumlah pengguna mobil pada contoh di atas, maka penulisannya akan jadi seperti ini:
At the beginning of the period, the proportion of car users was just a little below 5%. The number increased by more than a half in the second period.
Perhatikan kata-kata dengan highlight abu-abu. Disini saya menjelaskan kenaikan jumlah pengguna mobil dengan mengatakan bahwa angka itu telah naik lebih dari setengahnya.
Sekarang, coba ingat-ingat uraian berikut ini!
Number
|
Increased by
|
Decreased by
|
1/2
|
a half
|
a half
|
1/3
|
one third
|
one third
|
1/4
|
a quarter
|
a quarter
|
3/4
|
three quarter
|
three quarter
|
1/5
|
one fifth
|
one fifth
|
Pecahan di atas adalah pecahan yang sering digunakan di Writing Task 1. Ingat bahwa denominator 2 dan 4 selalu ditulis sebagai a half dan a quarter, sehingga:
1/2=a half
7/2=3,5=three and a half (disederhanakan terlebih dahulu)
1/4=a quarter
3/4=three quarter
5/4=1,25= one and a quarter
Selain denominator 2 dan 4, maka penulisan pecahan dapat dilakukan dengan aturan berikut:
numerator=use cardinal number
denominator=use ordinal number
...sehingga...
1/5=one fifth
1/6=one sixth
2/7=two seventh
dan lain sebagainya
Catatan
Ada kalanya sebuah data mengalami perubahan yang sangat signifikan atau hanya mengalami sedikit perubahan. Kita juga harus menjelaskan hal ini dengan menggunakan kata-kata berikut:
Jika kenaikan/penurunannya sedikit, Adverb/Adjective:
- slightly increase/experiences a slight increase
- mildly decrease/experiences a mild decrease
- modestly increase/experience a modest increase
Jika kenaikan/penurunnya banyak, gunakan Adverb/Adjective:
- significantly increase/experiences a significant increase
- considerably decrease/experiences a considerable decrease
- dramatically increase/experience a dramatic increase
- atau gunakan kata-kata seperti plummet, shrink, sink, dip, drop (jika mengalami penurunan)
- atau kata-kata seperti leap, climb, surge, soar, skyrocket (jika mengalami kenaikan)
Jika ditulis secara lengkap, Writing Task 1 untuk bar graph di atas akan menjadi seperti berikut:
The bar graph shows various modes of transport used to go to and from work in a City of Europe. There are four methods of transport presented in the graph, which include bus, car, train and subway. The graph also explains the proportion of the users in the year of 1960, 1980 and 2000. The data indicates that the proportion of people who use cars experienced a constant growth, while the number of bus passengers witnessed a gradual decrease. The percentage of people taking train and subway are fluctuating.
In 1960, bus had the highest number of commuters, making up around 39%. The number witnessed a gradual decline and by the end of the period, shrinked to around 15% only. Car indicates different trend. At the beginning of the period, the proportion of car users was just a little below 5%. The number increased by more than a half in the second period, before it reached its highest point of an estimated 38% in 2000.
Train passengers represented roughly one fifth of the whole transportation users. It experienced 9% growth in the following period, although the number slightly decreased again in the year of 2000. In 1960, the proportion of people who commuted by subway accounted for more than one third of the total commuters. The number shrunk to around 21% two decades later. In 2000, it contributed around 22% of total commuters.
Catatan
- Jangan memberikan informasi yang bersifat subjektif. Writing Task 1 tidak boleh menggunakan informasi di luar gambar, misal anda menulis: The number of bus passengers decreases over years because it is not convenient to commute by bus. Perhatikan kata dengan highlight abu-abu. Informasi tersebut tidak ada di gambar dan seharusnya tidak dijelaskan di Writing Task 1 anda
- Jangan memberikan penjelasan yang terlalu terperinci. Jika pada grafik di atas anda memiliki dua belas bar, maka jelaskan data yang menarik saja. Anda bisa melewati keterangan yang tidak penting dengan menggunakan kata gradually increased atau gradually decreased (pada kasus data kenaikan pengguna mobil dan penurunan penumpang bus pada tahun 1980). Grafik visual seperti contoh di atas dibuat agar anda dapat dengan mudah menemukan pola yang menarik yang biasanya sulit ditemukan pada data numerik.
Artikel mengenai vocabulary yang sering muncul di IELTS Writing Task 1 ada di sini
Dan juga di sini
Untuk melihat contoh lengkap Writing Task 1 IELTS, silahkan baca Writing Task 1 package 1 sampai selesai yang ada di sidebar sebelah kanan.
To read this article in English, click here
No comments:
Post a Comment